Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Rahasia Sukses Jokowi: Dari ojek payung hingga jadi Presiden

Masa-masa sulit merupakan cara Tuhan untuk membangun karakter kita di masa depan" –Jokowi
Joko Widodo - https://picryl.com

Tips Sukses Jokowi

Salin PemikiranIr. H. Joko WidodoPresiden Indonesia ke tujuh yang menjabat sejak 20 Oktober 2014. Terpilihnya beliau dalam Pemilu Presiden 2014, Jokowi menjadi presiden Indonesia pertama yang bukan berasal dari kalangan elite politik.

Jokowi lahir dari keluarga sederhana, bahkan saat kecil rumahnya pun pernah digusur tiga kali. Dengan masa kecil yang penuh kesulitan, Jokowi terpaksa untuk mulai bekerja, mulai dari berdagang, mengojek payung, hingga menjadi kuli panggul untuk membiayai diri sendiri, keperluan sekolah, dan uang jajan sehari-hari. berkat ketekunan dan keulatannya Jokowi mampu menyelesaikan sekolahnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Setelah lulus, Jokowi menjalani profesinya sebagai pengusaha mebel.

Sukses menjadi pengusaha mebel dan mampu memberdayakan mebel di kota solo, Jokowi diangkat menjadi Ketua Komda Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Komda Solo Raya pada tahun 2002. Saat itu pengusaha mebel menginginkan Jokowi untuk maju sebagai calon dalam Pilkada Solo tahun 2005, alasannya agar Jokowi dapat memberdayakan seluruh potensi yang ada di kota Solo.

Karier politik Jokowi dimulai dari menjadi wali kota Solo pada tahun 2005. Namanya naik setelah dianggap berhasil mengubah wajah Solo menjadi kota pariwisata, kota budaya, dan kota batik. Berkat pencapaiannya ini, pada tahun 2010, ia terpilih lagi sebagai Wali Kota Solo dengan memperoleh suara melebihi 90%.

Pada tanggal 14 Maret 2014, Jokowi menerima mandat dari Megawati untuk maju sebagai calon presiden dan Jokowi mengumumkan bahwa ia siap melaksanakan mandat tersebut untuk maju sebagai calon presiden Republik Indonesia. Setelah mendengar hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survei, Jokowi menyatakan kemenangannya pada 9 Juli 2014.

Setelah kemenangannya, Jokowi menyatakan bahwa, tumbuh dari kalangan rakyat bawah, ia tidak pernah menyangka seseorang sepertinya bisa menjadi Presiden. Lantas apa tips kesuksesan yang bisa kita petik dari sosok Jokowi? Mari kita bahas dan gali secara mendalam.

Kerja Super Keras

Pada saat menjalani bisnis mebelnya, Jokowi kerap bekerja mulai dari subuh bahkan hingga Tengah malam. Tak heran bilamana Jokowi memiliki badan yang cenderung kurus akibat kerja kerasnya, namun porsi badan Jokowi masih jauh lebih baik ketimbang sosok perut buncit orang seusianya. Bukan kerja keras, kerja superkeras," ujar Jokowi.

Ikatan Psikologi Sosial Indonesia merilis hasil survei aspek kepribadian Jokowi, Jokowi dinilai memiliki motivasi berprestasi yang tinggi, mampu bekerja di bawah tekanan saat menghadapi masalah berat dan kompleks, serta dapat terhindar dari kelelahan fisik dan mental.
Jokowi juga kerap kurang tidur saat menjalankan tugas negara, bahkan istirahat Jokowi hanya ada disela-sela perjalanannya saat berkendara. “Jangan sampai kita gampang mengeluh saat menghadapi hambatan-hambatan. Karena disitulah kita bisa belajar banyak dari kehidupan, masa depan adalah milik orang-orang yang berani bermimpi dan yang bekerja keras," ujar jokowi.

Apakah kamu sudah termasuk orang yang bermental pekerja keras?
Tidak ada rahasia untuk sukses, Ini adalah hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kesalahan. -colin powell

Bermimpi Besar

Pada awal 2015, Jokowi meluncurkan Gerakan Nasional Ayo Kerja untuk menekankan pentingnya kerja keras untuk mengoptimalkan potensi bangsa. Selain Gerakan ayo kerja, Jokowi juga menekankan pentingnya berani bermimpi besar bagi bangsa ini. Presiden Joko Widodo menuliskan tujuh butir Impian besarnya untuk Indonesia 2085. Impian itu ditulis dalam sebuah kertas saat Jokowi mengunjungi Merauke, Papua. Kertas impian ini diletakkan di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085, di Merauke, Papua.

Ketujuh impian Jokowi itu adalah SDM Indonesia yang kecerdasannya terunggul dunia, dan masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, nilai-nilai etika. Jokowi juga memimpikan negara Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia. Jokowi memimpikkan infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, dan menjadikan Indonesia negara yang mandiri yang paling berpengaruh di Asia Pasifik, serta menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia. Dan Impian yang paling penting adalah aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi.

Apakah kamu sudah termasuk orang yang bermimpi besar?
Mereka yang paling sukses hari ini, paling banyak bermimpi kemarin.

Rendah Hati

Jokowi tidak pernah gagal dalam pencapaian kekuasaan, sejak pencalonannya sebagai wali kota solo dua periode, gubernur jakarta, hingga presiden dua periode, beliau selalu tercatat menang terpilih tanpa rekam jejak kegagalan. Bahkan dari hasil survei  LSI Denny JA, menunjukkan tingkat kepuasan atas kinerja Jokowi berkisar antara 79 persen-82 persen. bahkan di tingkat  dunia sangat jarang seorang presiden mendapatkan tingkat kepuasaan (Approval Rating) hingga 80 persen. Hal itu tentu tidak terlepas dari penampilan Jokowi yang rendah hati, dan akrab dengan masyarakyat.


Apakah kamu sudah termasuk orang yang berjiwa rendah hati?
Jalani hidup selayaknya. Matahari dilihat orang atau tidak, ia tetap bersinar. Dihargai atau tidak, ia tetap menerangi.
Itulah tiga tips sukses dari Presiden ketujuh Republik Indonesia Joko Widodo. Kerja super keras, Rendah hati, dan Memiliki mimpi yang besar.