Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Sukses Mike Tyson: Bagaimana ia Sukses Menjadi Legenda Tinju?

 

jika kamu hanya hidup demi uang, kamu hanya akan mencapai status tertentu -Mike Tyson

Mike Tyson

Tips Sukses Mike Tyson

Salin PemikiranMalik Abdul Aziz adalah seorang petinju yang terkenal dengan nama Mike Tyson. Tyson lahir pada tanggal 30 Juni 1966 di New York City, Amerika Serikat. Tyson merupakan seorang petinju profesional yang pernah memegang gelar juara kelas berat. Julukan yang diberikan kepada Mike Tyson adalah "Iron Mike", yang berarti kekuatan fisiknya yang seperti logam besi.

Tyson lahir di lingkungan industri dan sejak kecil, ia dikenal sebagai anak nakal yang sangat ditakuti karena kebrandalannya. Tyson sering kali dimasukkan ke dalam penjara anak-anak dan bahkan dikeluarkan dari sekolah. Michael Tyson kemudian diambil oleh Cus D'Amato, seorang pelatih tinju ternama, karena Cus melihat potensi dan keterampilan yang dimiliki oleh Tyson.

Pada tanggal 6 Maret 1985 di Albany, New York, Tyson melakukan debut pertandingan profesionalnya. Karir Tyson dalam dunia tinju memang sangat sukses dan berkilau. Tyson berhasil meraih banyak prestasi di berbagai kompetensi tinju. Tyson sukses dalam 15 pertandingan yang diadakan pada tahun 1985, memenangkan setiap kontesnya dengan hasil KO. Pada masa kejayaannya, Tyson dikenal sebagai sosok yang sangat cepat, kuat, dan penuh kebrutalan. Tyson meraih gelar juara dunia tinju kelas berat sebagai yang termuda dalam sejarah pada tanggal 22 November 1986, setelah ia berhasil mengalahkan Trevor Berbick saat berusia 20 tahun.

Si Leher Beton yang merupakan julukannya, seorang petinju yang berhasil meraih gelar juara dunia dalam waktu yang sangat muda, yang secara luar biasa memegang tiga sabuk juara dunia versi IBF, WBC, dan WBA secara berurutan. Lantas apa yang bisa kita pelajari dari keberhasilan petinju legendaris Mike Tyson? Bagaimana ia sukses menjadi legenda tinju? Mari kita bahas dan gali secara mendalam!

 

Latihan Brutal

Latihan adalah syarat mutlak untuk meraih keberhasilan. Semakin sering kita belajar dan berlatih makan akan sembari berkembang pulalah keterampilan kita. Orang yang berlatih setiap hari selama bertahun tahun mustahil akan dikalahkan oleh ia yang hanya berlatih dua kali seminggu. Seperti yang dilakukan oleh Tyson berikut ini.

Pada usia 13 tahun, Cus D'Amato membuat jadwal latihan yang sangat intens untuk Tyson. Cus kerap mengatur jadwal latihan dengan durasi antara 50 hingga 60 jam per minggu. Latihan Tyson sering kali ditambah oleh Cus D'Amato ketika Tyson akan menjalani pertarungan. Cus juga acap kali memberikan lawan sparing yang lebih senior dari Tyson dan hasilnya sering kali Tyson memenangkan sparing tersebut.

Sesi latihan yang menguras tenaga dari Tyson biasanya terdiri dari melatih pukulannya dengan menggunakan kantung pasir seberat 135 kilogram, 500 hingga 800 repetisi angkat beban, 2000 repetisi gerakan sit up, 500 repetisi gerakan press up, melakukan shoulder shrug sebanyak 500 repetisi, berlari pada pukul 5 pagi selama 3 kilometer, dan melakukan 2.000 kali gerakan Push Up. Jadwal latihan Tyson dilakukan setiap hari dimulai pada jam 04.00 dan selesai pada jam 21.00. Cus D'Amato secara teratur menjadwalkan Tyson untuk berlatih tanding sebanyak 200 kali. Selain itu, Tyson juga dikenal dengan gerakan senam leher yang ia lakukan, yang berperan penting dalam meningkatkan kekuatan lehernya.

Tyson mengidolakan Muhammad Ali sebagai panutannya. Pada usia 14 tahun, Tyson menyaksikan Ali mengalami kekalahan saat bertanding melawan Larry Homes. Tyson bertekad untuk membalas perbuatan Holmes terhadap Ali. Tujuh tahun berlalu dan Tyson bertemu dengan Holmes dalam sebuah pertandingan, yang akhirnya dimenangkan oleh Tyson. Keganasa Tyson saat bertanding membuatnya dijuluki The Baddest Man on the Planet.

Namun sayangnya, Cus D'Amato meninggal dunia satu tahun sebelum menyaksikan Tyson mengangkat sabuk gelar juara dunia kelas berat termuda pada 1986. 

Apakah kamu sudah termasuk sosok yang berlatih secara brutal?

 

Bagaimana cara untuk bekerja keras?

Ada beberapa cara agar anda bisa bekerja dan berlatih dengan keras agar menghasilkan hasil yang maksimal dari yang anda harapkan. Pertama, tetapkan apa tujuan anda dengan jelas (misal ingin juara satu lomba lari). Kedua, fokuslah degan memprioritaskan hal yang penting (misal, sesibuk apapun anda akan tetap memprioritaskan Latihan walau hanya 15 menit). Ketiga, hindari gangguan (misal jauhkan smartphone saat anda berlatih dan anda beristirahat benar-benar rilekskan tubuh anda bukan bermain smartphone). Keempat, jangan lupa memberikan hadiah untuk diri sendiri (misal, jika hari ini kecepatan lari ku meningkat malam ini makan enak). Kelima, bertindak.

Bekerja dengan keras akan memberikan banyak manfaat positif dalam hidup seperti, meningkatkan peluang untuk sukses, meningkatkan rasa puas pada diri, meningkatkan Kesehatan mental. Dan meningkatkan kualitas hidup.

Sebagian orang hanya mimpi untuk sukses, sedangkan sebagian lainnya bangun dipagi hari dan mewujudkannya."

Memiliki Mentor yang Tepat

Memiliki mentor yang tepat artinya memiliki sosok figur yang mendorong dan membantu anda mencapai tujuan. Sosok mentor sangatlah berpengaruh terhadap kesuksesan anda, terlebih jika sosok mentor ini adalah ia yang telah mencapai mimpi yang ingin kita raih. Ibarat berjalan anda sudah memiliki peta yang menuntun anda dijalan yang benar mencapai tujuan dan anda hanya perlu mengikutinya. Seperti kisah Tyson yang satu ini.

Pada saat berumur 13 tahun, Tyson berjumpa dengan seorang pria bernama Cus D`Amato di arena tinju. Pada saat itu, Cus sudah berusia sekitar 70 tahun. Cus adalah sosok mentor yang sangat berpengaruh dalam perjalanan karier dan hidup Tyson. Cus memberikan cahaya bagi hidup Tyson.

Tyson menjalani pelatihan dari Cus D'Amato, dan ia menganggap Cus sebagai figure ayah baginya. Cus membimbing Tyson dalam mengubah dirinya dari seorang yang dianggap sebagai penjahat brandalan jalanan menjadi seorang petinju yang berhasil. Cus memberikan pelatihan kepada Tyson di waktu siang, dengan melakukan latihan di loteng di rumahnya di Catskill, New York.

Namun, sayangnya, Cus meninggal pada tahun 1985 saat Tyson berusia 19 tahun. Setelah kepergian Cus, walaupun Tyson telah pindah tempat tinggal, Tyson sering mengunjungi kembali loteng dimana ia sering berlatih. Tyson akan kembali ke atas loteng dan duduk ditempat kursi yang biasa digunakan Cus untuk melatihnya. Tyson merasa nyaman tidur di loteng rumah tersebut, ia merasa dekat dengan kenangan terhadap Cus yang tak akan pernah bisa kembali. Cus adalah segalanya bagi Tyson, seseorang istimewa yang benar-benar mempercayainya dan mampu mengubah hidupnya.

Apakah anda sudah memiliki mentor?

 

Bagaimana cara menemukan mentor?

Ada beberapa cara untuk menemukan mentor. Pertama coba cari dari relasi keluarga atau teman. Kedua, temukan komunitas yang seminat. Ketiga, cari mentor secara online di sosial media. Keempat, bertindak.

Ada beberapa manfaat dari memiliki mentor seperti, memberikan bimbingan dan dukungan. Mengarahkan kita ke jalan yang tepat, memotivasi dan mendorong kita untuk selalu berusaha, dan membantu kita mencapai mimpi kita.

Jika kamu tidak tau jalan ke mana kamu pergi, tanyakan pada seseorang yang pernah ke sana sebelumnya." - J Loren Norris 

Disiplin

Disiplin adalah akar dari segala kunci kesuksesan yang ingin kita capai. Bagaimana mungkin seseorang dapat meraih sesuatu bilamana ia sendiri tidak bisa disiplin dalam berusaha. Disiplin ibarat menaiki satu tangga setiap harinya agar bisa mencapai tempat dimana kita ingin berada.

Kunci sukses terletak pada kedisiplinan dan konsistensi. Tyson mengatakan bahwa ia selalu konsisten dalam upaya melakukan yang terbaik. Dalam pidato yang disampaikan kepada para peserta di Synergy Global Forum di Moskow, Rusia, petinju yang dikenal dengan sebutan Si Leher Beton mengatakan bahwa kesuksesan dapat dicapai melalui kedisiplinan dan pengorbanan. Pada intinya, ini melibatkan tindakan yang konsisten dan pengorbanan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk mencapai kejuaraan, Anda perlu melatih diri secara konsisten. Ungkap Tyson “Tujuan saya adalah menjadi juara dunia sehingga saya telah menghentikan segala hal negatif dalam hidup saya."

Menurut laporan dari Muscle Prodigy, Tyson telah menjadi legenda dalam dunia tinju dengan memiliki kecepatan, kekuatan, dan keterampilan teknik yang luar biasa. Berlatih setiap hari tanpa libur adalah prinsip yang dipegang teguh oleh Tyson. Tyson menunjukkan keberhasilan yang luar biasa dalam konsistensinya dalam berlatih, Tyson mengungkapkan bahwa “disiplin berarti melakukan hal yang tidak disukai dengan sepenuh hati seolah-olah kita mencintainya.”

Apakah anda sudah termasuk sosok yang disiplin?

 

Bagaimana cara melatih kedisiplinan?

Ada beberapa cara untuk melatih kedisiplinan. Pertama, mulailah dari hal ringan (misal jika anda ingin lari setiap hari mulailah dari lari 5 menit perhari dan secara bertahap ditingkatkan) kedua, jangan menunggu motivasi datang (faktanya ketika kita membersihkan rumah motivasi untuk lebih semangat membersihkan rumah muncul ketika anda memulainya). Ketiga, tahan godaan (ingat apa tujuan anda memulainya, apakah anda menyerah pada perjuangan?). keempat, cari dukungan (jika anda ingin konsisten berlari carilah komunitas lari yang selalu mendoroang anda untuk disiplin berlari setiap harinya). Kelima, bertindak.

Berprilaku disiplin memberikan banyak hal baik pada diri kita seperti, meningkatkan kemampuan kita, lebih percaya diri akan kemampuan kita, dan mencapai kesuksesan yang kita impikan.

Jika anda tidak berkorban untuk apa yang Anda inginkan, apa yang anda inginkan akan menjadi korbannya 

Kata Bijak Mike Tyson

Masa-masa sulit menimpa semua orang. Apa pun yang terjadi, kita akan keluar dari masa-masa sulit itu."

kamu tidak bisa bersenang-senang dalam mencapai tujuan. Orang yang tidak memiliki tekad, kemauan, ketabahan, keuletan, mereka akhirnya menyerah di bawah sebelum berjuang."

Seorang pejuang yang baik harus rajin, berkomitmen, dan disiplin melakukan apa yang Anda benci. "

Hal lain yang bisa membuatku takut adalah waktu. Waktu itu seperti buku. Engkau mempunyai awalnya, bagian tengahnya, dan bagian akhir."

Ketika Anda memiliki sesuatu dalam hidup yang sangat ingin Anda capai, Anda harus rela melepaskan kebahagiaan Anda."

 

Itulah tiga tips sukses dari Mike Tyson, memliki mentor yang tepat, Latihan brutal, serta disiplin diri. Marilah kita terapkan apa yang telah kita pelajari pada hari ini, agar kita semua bisa mencapai mimpi dan kesuksesan yang kita dambakan. Aamiin.

Jika artikel ini bermanfaat, sebarkan artikel ini kepada keluarga, teman, dan orang terspesial anda. Karna sebaik-baik kebaikan adalah ia yang menyebar manfaat. Terimakasih.

 

Refrensi        :

https://www.merdeka.com/mike-tyson/profil

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/19/143546570/5-fakta-menarik-mike-tyson-yang-jarang-diketahui?page=all

https://sports.sindonews.com/read/604037/50/kisah-keberingasan-mike-tyson-dan-sentuhan-cus-damato-1637302274/20

https://sport.republika.co.id/berita/qkcu4g438/mike-tyson-menganggap-cus-damato-seperti-ayahnya

 

Tag : kisah inspiratif, pelajaran kesuksesan, pelajaran kehidupan, motivasi, mike tyson, rahasia sukses mike tyson, kunci sukses mike tyson,