Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hikmah Kemerdekaan Indonesia: rasa juang, persatuan, dan syukur

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Bendera Indonesia

Hikmah Kemerdekaan Republik Indonesia

Salin PemikiranPada 17 Agustus 1945, proklamasi kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh Ir. Soekarno didampingi M. Hatta. Sejarah ini berlangsung di sebuah rumah di Jalan Pegangsaan Timur no. 56, Jakarta pusat. Proklamasi ini diselenggarakan secara sederhana. Setelah pengumuman proklamasi, Soekarna dan Hatta diangkat sebagai presiden dan wakil presiden pada hari berikutnya.

Sebelumnya pada 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir mendengar kabar melalui radio bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Setelah kabar itu tersebar, golongan muda mendesak golongan tua untuk segera mengumumkan kemerdekaan. Namun, golongan tua tidak mau tergesa-gesa, mereka khawatir akan ada pertumpahan darah saat proklamasi. Selanjutnya diadakan konsultasi dalam rapat PPKI, namun golongan muda enggan dengan pertemuan tersebut, mengingat PPKI merupakan suatu lembaga yang didirikan oleh Jepang. Golongan muda ingin kita mencapai kemerdekaan atas usaha bangsa, bukan hadiah dari Jepang.

Akhirnya deklarasi kemerdekaan diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan menjadi sebuah peristiwa bersejarah yang harus dirayakan setiap tahun sebagai bentuk semangat, cinta, dan rasa bangga akan tanah air. Serta sebagai bentuk pengormatan kita kepada para pahlawan yang telah rela mengorbankan diri untuk kemerdekaan Indonesia. Lantas, apa hikmah dan pelajaran yang dapat kita petik dari pelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia? Mari kita bahas dan gali secara mendalam!

 

Rasa Juang



Kemerdekaan tentu memiliki nilai yang sangat berharga dan tidak tergantikan. Untuk mencapainya para pejuang bangsa harus berjuang dengan maksimal hingga ke titik penghabisan. Perjuangan dan pengorbanan tumpah darah yang telah dilakukan oleh para pejuang terdahulu demi mewujudkan kemerdekaan tentu harus kita lanjutkan dengan cara menuntut ilmu setinggi mungkin dan mengamalkan ilmu tersebut demi memajukan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Banyak kejadian yang melatar belakangi sejarah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya adalah serangan bom yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki. Mulanya Jepang merahasiakan, serangan bom di kota Hirosima dan Nagasaki agar tidak ada yang tau. Namun akhirnya, berita tentang peristiwa itu tersebar oleh radio BBC di Bandung. Sehingga membuat golongan muda, mendorong golongan tua untuk segera bertindak agar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkanSaat Indonesia sedang menghadapi situasi ini, bangsa dengan bijaksana menggunakan kesempatan untuk memproklamasikan kemerdekaannya. Golongan tua telah mengadakan pertemuan dan mencapai kesepakatan penting, antara lain adalah menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak yang dimiliki oleh rakyat Indonesia dan pemutusan segala hubungan dengan Jepang.

Awalnya, rencana pembacaan Proklamasi dilakukan di lapangan Ikada, namun karena pertimbangan keamanan, maka pelaksanaannya dipindahkan di kediaman Presiden Soekarno yang berada di Jalan Pegangsaan Timur.

Sebelumnya Soekarno dan Hatta tidak ingin melaksanakan Proklamasi Kemerdekaan secara terburu-buru. Karena Jepang masih memiliki kekuatan militer dan pasokan persenjataan, hal ini dikhawatirkan akan terjadi pertumpahan darah saat melangsungkan proklamasi. Setelah mendengar laporan tersebut para pemuda merasakan kecewa sehingga mengakibatkan suasana menjadi tegang. Namun, semangat perjuangan dari para pemuda tidak lekas padam, mereka berjuang keras agar Soekarno dan Mohammad Hatta dapat segera memproklamasi kemerdekaan. Pada akhirnya, Soekarno dan Mohammad Hatta mengumumkan kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945.

Setelah mengetahui sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia secara ringkas, kita dapat memahami tantangan dan perjuangan yang dihadapi sebelum dan saat pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. untuk itulah sebagai penerus bangsa kita harus melanjutkan semangat api tersebut untuk mengabdikan diri kita berjuang demi kemajuan Indonesia.

Semakin sulit sebuah perjuangan, semakin indah saat saat mencapai kemenangan."

Syukur

Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini memudahkan kita memperoleh akses Pendidikan, kesempatan untuk bekerja, bahkan menikmati liburan dengan baik. Hal ini tentu menjadi renungan bagi kita, bahwa rakyat yang telah berjuang pada zaman dahulu tentu tidak menkmati fasilitas sebanyak yang kita dapatkan saat ini. Fasilitas yang kita rasakan hari ini juga tak lepas dari pengorbanan yang telah leluhur kita perjuangkan. Olehnya sebagai warga negara kita wajib untuk menunjukkan rasa terima kasih dan syukur atas perjuangan leluhur kita dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Mencapai kemerdekaan merupakan perjuangan yang berat, hal tersebut tentu tidak bisa dicapai tanpa pengorbanan, kerja keras, keringat, dan tumpah darah demi bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai.

Dalam penggalan alinea pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan, "Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."

Dalam penggalan tersebut para tokoh pendiri bangsa mengigatkan penerusnya bahwa segala hal tentu berkat Rahmat allah swt, maka selayaknya kita sebagai generasi penerus bangsa mesti menunjukkan rasa syukur atas segala nikmat kemerdekaan yang kita rasakan.

Jalan terindah dari kehidupan adalah mensyukuri apa yang telah kita jalani

Rasa Persatuan



Pencapaian kemerdekaan Indonesia yang telah diupayakan oleh para pahlawan kita di masa lalu tentu tidak akan tercapai tanpa perjuangan dan rasa persatuan seluruh rakyat indonesia. Rasa persatuan ialah perasaan ikatan batin dan semangat kebersamaan dalam suatu masyarakat, bangsa, atau negara. Rasa persatuan ini menekankan pentingnya sikap kerja sama, bahu-membahu, dan saling tolong menolong. Tanpa rasa persatuan ini tentu akan terjadi perpecahan yang mengakibatkan beratnya rintangan yang akan dihadapi para pejuang terdahulu untuk melawan penjajah. Hal inilah yang harus kita lestarikan sebagai penerus untuk terus menunjung sikap persatuan.

Dalam segala urusan kebangsaan, kita harus secara tegas mengabaikan pelbagai perbedaan ras, suku, dan agama agar kita dapat bahu-membahu bekerja keras demi memajukan indonesia. Salah satu dampak positif dari rasa persatuan ini ialah kita dapat membangun sikap penghargaan dan rasa hormat satu sama lain.

Sebatang lidi tidaklah ada artinya, namun bila diikat dan disatukan, dapat menyapu segalanya.

Peribahasa Indonesia mengenai Kehidupan

Sepandai-pandai tupai meloncat, jatuh juga. Artinya tidak ada orang yang sempurna, setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan

Seperti padi, kian berisi, kian merunduk. Artinya semakin tinggi ilmunya, semakin rendah hatinya.

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian artinya Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

Badai pasti berlalu. Artinya segala penderitaan pasti akan ada akhirnya.

Seperti harimau menyembunyikan kuku. Artinya orang yang tak mau menyombongkan kelebihannya.

Air tenang menghanyutkan. Artinya orang pendiam biasanya banyak ilmu.

Semut di sebrang lautan tampak, Gajah di kelopak mata tidak tampak. Artinya kesalahan kecil orang di perlihatkan atau di bicarakan, diri sendiri punya kesalahan besar sprti tidak merasa bersalah.

Itulah tiga Hikmah dari Peristiwa Kemerdekaan Republik Indonesia, rasa perjuangan, rasa persatuan, dan rasa syukur. Marilah kita terapkan apa yang telah kita pelajari pada hari ini. Jika artikel ini bermanfaat, sebarkan artikel ini kepada keluarga, teman, dan orang terspesial anda. Karna sebaik-baik kebaikan adalah ia yang menyebar manfaat. Terimakasih.

 

Refrensi        :

https://www.gramedia.com/literasi/sejarah-proklamasi-kemerdekaan-indonesia/

https://www.republika.id/posts/9504/mensyukuri-hari-kemerdekaan

https://mediaindonesia.com/humaniora/509782/makna-kemerdekaan-bagi-bangsa-indonesia

 

Tag : kisah inspiratif, pelajaran kesuksesan, pelajaran kehidupan, motivasi, kemerdekaan, sejarah kemerdekaan, kemerdekaan republik Indonesia,